Anggota Parlemen Solomon Serukan-MSG Terima Papua Barat


Jubi – Seorang anggota parlemen Kepulauan Solomon menyerukan kepada Melanesian Spearhead Group (MSG) untuk mengabaikan Indonesia dan menerima aplikasi Gerakan Serikat Pembebasan Papua Barat (United Liberation Movement for West Papua) untuk bergabung, demikian dilaporkan Radio New Zealand, Rabu (3/6/2015).
Anggota parlemen untuk West Makira mengatakan ia kecewa kepada negaraya sendiri yang kurang yakin tentang masalah ini (West Papua), meskipun ia gambarkan ada  dukungan luar biasa dari masyarakat Kepulauan Solomon untuk Papua Barat.
Para pejabat Indonesia telah mendorong negara-negara anggota MSG untuk tidak menyetujui tawaran Papua Barat.
Indonesia saat ini memiliki status pengamat di MSG dan Jakarta berpendapat bahwa ada masyarakat Melanesia lainnya di daerah lain di Indonesia yang secara teoritis dimasukkan dalam tawaran keanggotaan MSG.
Namun, anggota parlemen Solomon, Derrick Manuari, mengatakan preseden untuk menangani situasi seperti ini telah ditetapkan dalam kasus Kanaks di Kaledonia Baru yang mewakili kelompok, FLNKS, adalah anggota penuh di MSG.
Manuari mengatakan Kanaks diberi hak keanggotaan atas Prancis karena mereka mewakili orang-orang Melanesia dari wilayah Perancis.
“Ini bukan masalah kedaulatan, ini adalah masalah solidaritas. Solidaritas dari negara-negara Melanesia, wilayah Melanesia di Melanesia. Jadi, preseden yang sudah ditetapkan itu Papua Barat sebagai negara Melanesia harus diakui sebagai anggota MSG dan tidak untuk Indonesia. Ini (Indonesia) bukan Melanesia,” kata Derrick Manuari, mengutip RNZ, Rabu (3/6).

Manuari mengatakan ia akan mendesak para pemimpin MSG ketika dalam pertemuan para pimpinan itu pada 24 Juni, untuk mendengarkan protes dari warga negaranya dan untuk mengingatkan alasan yang melatarbelakangi didirikannya group MSG ini.
Mei 2015, Perdana Menteri Fiji, Frank Bainimarama, mengatakan hal terbaik untuk dilakukan adalah membuat Indonesia menjadi anggota asosiasi MSG, menambahkan itu tidak masuk akal untuk membawa Papua secara terpisah. (Yuliana Lantipo)

Tabloidjubi.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s