Purek III Uncen Perintahkan Bongkar Posko “Papua for MSG” di Uncen


Posko “Papua for MSG” yang dibuat oleh GempaR, HMJ Antropologi Fisip-Uncen, HMJ IKS Fisip-Uncen, Komisariat Ilmu Pemerintahan Fisip-Uncen, FIM, dan Presiden Mahasiswa USTJ di kampus Uncen, Abepura, Rabu (3/6/2015) kemarin diminta untuk  bongkar oleh pihak Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Pembantu Rektor (Purek) III Bidang Kemahasiswaan, Fredrik Sokoy ketika mendatangani Posko tersebut pada sore ini, Jumat (5/6/2015) sekitar pukul 15.30 waktu Papua.

Menurut Fredrik, posko harus dibongkar karena mengganggu aktivitas perkuliahan di kampus Uncen Abepura. Purek III juga beralasan, mahasiswa dan organisasi yang membuat posko bukan organisasi dan mahasiswa dari lingkungan Uncen.

“Posko ini saya harap bongkar. Sangat menggangu aktivitas perkuliahan saja,” kata Fredrik Sokoy dikutip blog GempaR.

Lanjut dia, “Beberapa hari ke depan akan ada proses tes seleksi masuk mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN, jadi tidak boleh menggaggu aktivitas.”

Sebelum meninggalkan posko tersebut, Sokoy memberikan waktu hingga hari Senin pekan depan, jika tidak akan dilakukan pembongkaran secara paksa.

Sementara itu, mahasiswa Fisip-Uncen, Sergius Tobuawen yang saat itu sedang menjaga petisi di posko Papua for MSG menyakan sangat kecewa kepada pimpinan lembaga pimpinan mahasiswa yang tidak memberikan ruang kepada mahasiswa untuk mengekspresikan dukungan mahasiswa kepada The United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) yang telah memperjuangkan orang Papua kembali kepada keluarga besar bangsa-bangsa rumpun Melanesia di Melanesian Spearhead Group (MSG).

Menurut Tobuawen, pihaknya meminta kepada bapak Purek III Uncen agar mengizinkan para mahasiswa untuk membuat posko ini sampai hasil sidang MSG selesai (18-26/6/2015) di Honiara, Solomon Island.

Aktivis GempaR, Beni Hisage, saat dikonfirmasi terkait dengan ancaman pembongkaran mengatakan, Posko tetap akan ada di Uncen.

“Posko itu sama sekali bukanlah ancaman kepada lembaga, dan juga tidak mengganggu aktivitas perkuliahan. Di sana (posko) hanya kami membagikan selebaran informasi,” jelas Hisagi, “Ini sangat bermartabat dan intelektual.”

Posko Papua for MSG adalah bentuk dukungan mahasiswa Papua kepada proses kerja ULMWP untuk memasukan aplikasi rakyat Papua menjadi anggota MSG di Honiara (baca: Posko Dukungan ULMWP Jadi Anggota MSG Digelar di Jayapura). (Abeth Abraham You/MS)

Sumber : MajalahSelangkah

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s