Penangkapan dan Penembakan Tak akan Meredam Isu Papua Merdeka


Jayapura, Jubi – Kekerasan, penangakapan, dan penembakan yang masih terus terjadi di Papua terutama terhadap para aktivis atau orang yang diklaim aparat keamanan sebagai kelompok bersenjata, anggota Organisasi Papua Merdeka dan lainnya, dinilai tak akan meredam isu Papua Merdeka.

Anggota Komisi I DPR Papua bidang Politik, Pemerintahan, Hukum dan HAM, Laurenzus Kadepa mengatakan, yang dibutuhkan rakyat Papua adalah pola pendekatan dan pembangunan yang dilakukan negara secara humanis, bukan militeristik.Katanya, untuk mengembalikan kepercayaan rakyat pada negara, negara harus berani mengakui kesalahan masa lalu di Papua, karena itu sudah mendunia.“Penangkapan dan penembakan para aktivis, atau orang yang diklaim anggota OPM bukan solusi. Itu tak akan meredam isu Papua Merdeka. Justru menyuburkan gerakan Papua Merdeka. Saya bicara dari sisi kemanusian. Bukan dari kelompok NKRI harga mati, atau Papua Merdeka harga mati. Sudah banyak nyawa manusia berjatuhan atas nama kepentingan-kepentingan di atas Tanah Papua,” kata Kadepa ketika menghubungi Jubi, Rabu (23/9/2015).

Selain itu kata dia, para pimpinan daerah, dan pimpinan TNI/Polri, perlu berjiwa negarawan. Mementingkan kepentingan umum, daripada kepentingan pribadi dan golongan. Jangan sampai kepentingan pribadi akan berdampak pada negara.

“Misalnya saja bisnis kayu dan lainnya. Tak menutup kemungkinan ada oknum – oknum yang terlibat atau bahkan berada di belakang para pengusaha katu. Itu kan jelas untuk kepentingan pribadi, bukan negara, tapi dampaknya terhadap negara,”ucapnya.

Pertengahan September lalu, anggota DPR Papua yang juga Ketua Forum Koordinasi Putra Putri Purnawirawan Indonesia, Yan Ayomi mengatakan, tak perlu lagi bicara Papua Merdeka kini. Orang Papua harus memikirkan bagaimana memanfaatkan perhatian pemerintah pusat membangun Papua melalui dana Otsus.“Orang Papua harus punya mimpi suatu saat bisa memimpin negeri ini. Kini lupakan merdeka itu,” kata Yan Ayomi kala itu.(Arjuna Pademme)
Sumber: tabloidjubi.com

Advertisements

About AnakPapua

Anak Papua Yang Siap Untuk Papua
This entry was posted in Tak Berkategori. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s